JARINGAN KOMPUTER

JARINGAN KOMPUTER

1).Pengertian Jaringan Komputer Jaringan komputer adalah jaringan telekomominkasi yang memungkinkan antar Komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.
2).Klasifikasi Jaringan Komputer 
 A).Pan (Personal Area Network)     Pan (Personal area Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak sangat berdekatan ,yaitu hanya berjarak 4 sampai 6 meter.contohnya pada saat menghubungkan hp dengan komputer ,komputer dengan printer ,dll.

  B).LAN(Local Area Network)
     
LAN(Local Area Network)adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencangkup wilayah yang relatif kecil seperti jaringan komputer di gedung,rumah,warnet,dll.

A).Kelebihan
-Lebih irit dalam pengeluaran biaya opersional.
-Tranfer data antar perangkat komputer lebih cepat karena mencangkup wilayah yang sempit.
-Tidak Memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan lan.
B).Kekurangan
-Cankupan wilayah jaringan kecil
C).MAN(Metropolitan Area Network)
   
 MAN(Metropolitan Area Network)adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN yang luasnya bisa sampai menghubungkan antar kota,jarak maksimal MAN yaitu antara 10-50 km.Jaringan Ini biasanya digunakan untuk menghubungkan kantor pusat dan kantor cabang yang masih dalam satu wilayah atau berbeda (max.10-50 km).

A).Kelebihan
-Cakupan wilayah jaringan lebih luas
-Mempermudah dalam hal berbisnis,dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.
B).Kekurangan
-Biaya opersional lebih tinggi
-Menjadi target operasi oleh para cracker untuk mengambil keuntungan pribadi
-Maintance jaringan MAN memerlukan waktu yang tidak sebentar.
D).WAN(Wide Area Network)
WAN(Wide Area Network)adalah Gabungan jaringan LAN dan MAN, WAN bisa menghubungkan jaringan antar negara bahkan sampai antar benua.
A).Kelebihan
-Cangkupan wilayahnya lebih luas dari LAN dan MAN
B).Kekurangan
-Biaya opersional yang dibutuhkan menjadi lebih tinggi
-Sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting
-Perawatan untuk jaringan WAN lebih berat
E).INTERNET
INTERNET adalah singkatan dari INTERCONNECTED NETWORK.Jaringan ini tidak memiliki batas.Karena jaringan ini dapat menghubungkan negara satu ke negara lain di seluruh dunia.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini ...



3).Komponen Jaringan Komputer A.)Device adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras.
1.)End device

End Device adalah perangkat jaringan yang menjadi titik awal informasi di buat dan menjadi akhir dari perjalanan informasi(tujuan pengiriman data). Beberapa contoh end device
 yaitu:
-Komputer (work stationlaptop, file server, web server)-Printer jaringan-Telepon VoIP-TelePresence endpoint-Kamera pengawas-Perangkat genggam bergerak (smartphone, tablet, PDA dan wireless debit/credit card reader dan barcode scanner)
2.)Intermediary Device
 intermediary Device berfungsi untuk menghubungkan antar end device. Perangkat ini menyediakan sambungan atau konektivitas dan bekerja untuk menjamin aliran data yang melalui jaringan. Selain menghubungkan host secara individu ke jaringan, perangkat intermediary juga dapat menghubungkan beberapa jaringan individu untuk membentuk sebuah internetwork. Contoh perangkat intermediary yaitu:
Network Access (switch dan wireless access point)
Internetworking (router)
Security (firewall)
Mengatur aliran data melalui jaringan juga merupakan fungsi dari perangkat intermediary. Dalam hubungannya dengan jaringan interkoneksi, perangkat-perangkat ini juga menggunakan alamat host tujuan untuk menentukan jalur yang mesti ditempuh oleh pesan.
Proses-proses yang berjalan dalam perangkat jaringan intermediary, menampilkan fungsi-fungsi sebagai berikut:-Membangkitkan dan mengirimkan lagi sinyal-sinyal data-Mengurusi informasi yaitu jalur mana yang tersedia di jaringan dan internetwork-Memberi notifikasi kepada perangkat lain akan adanya eror dan kegagalan komunikasi-Mengarahkan data untuk melalui jalur alternatif pada saat terjadi kegagalan sebuah sambungan-Mengklasifikasi dan mengarahkan pesan berdasarkan prioritas Quality of Service (QoS)-Menyetujui atau tidaknya sebuah aliran data berdasarkan pengaturan keamanannya.
B.)Media Transmisi

Media Transmisi adalah media yang 
menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

1.)Wireless

Wireless adalah Jaringan komputer yang menghubunkan komputer lain dengan internet tanpa menggunakan kabel.*Kelebihan

 
-Mobilitas Yang terjamin
-Kecepatan instalasi
-Eleksibilitas tempat
-Anggaran biaya lebih sedikit
-Kemampuan yang terjangkau

*Kekurangan
-Jumlah transmisi data yang sedikit
-Biaya peralatan Mahal
-Adanya delay atau koneksi yang besar
-Masalah propagasi radio
-Keterbatasan kapasitas jaringan
-Keamanan data kurang terjamin
-Sinyal terputus-putus

2.)Wireline

Wireline adalah berbagai sumber daya yang dimiliki dan untuk berkomunikasi secara elektronik,atau jaringan internet tanpa kabel.
Kabel Yang digunakan :
a.)Kabel Coaxial
b.)Kabel Twisted Pair

*KelebihanWireline

-
    Transmisi data 10 s.d 100 Mbps-   Delay atau waktu koneksi antarkomputer cepat-   Transmisi data berjalan dengan lancar-   Biaya peralatan terjangkau*Kekurangan Wireline-    penggunaan terbatas pada satu tempat yang terjangkau kabel-    waktu untuk instalasi lama-    membutuhkan tempat dan lokasi jaringan permanen-    membutuhkan biaya perawatan rutin-    sulit untuk berpindah tempat
a.)


 Kabel Coaxial adalah jenis kabel yang dimiliki dua buah penghantar konduktor berupa kabel solid terbuat dari tembaga sebagai inti ,kemudian di lapisi sekat isolator dan dililit kembali oleh penghantar berupa kabel serabut yang terbuat dari tembaga atau almunium sebagai penghantar bagian luar.
b.)


 Kabel Twisted pair
adalah 
 sebuah bentuk kabel yang dua konduktornya digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan gangguan elektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan berbelit tak terlindung (UTP cables), dan wicara silang (crosstalk) di antara pasangan kabel yang berdekatan.Jenis Kabel Twisted pair:

c.)


  Fungsi Kabel UTP(UnshieldedTwsited Pair)
adalah Digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan Komputer  
dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.
d.)


 Kabel STP(Shielded Twisted pair)
adalah sebagai media transmisi yang digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data.
e.)
Kabel tembaga adalah Kabel dengan penghatar tembaga dan biasanya di pakai dalam instalasi tenaga listrik dan alat-alat kontrol ,sehingga biasanya di sebut kabel instalasi

f.)

Kabel Fiber Optic adalah sebuah kabel dari serat kaca dengan teknologi canggih dan mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada kabel biasa.

4.)Topologi jaringan komputer
1.)Topologi Bus


 Topologi Bus bisa dibilang topologi yang cukup sederhana dibanding topologi lainnya.Topologi ini biasanya digunakan pada instalasi jaringan berbasis fiber optic ,kemudian di gabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan client atau node.
*Kelebihan
  -Biaya instalasi yang bisa dibilang sangat murah karena hanya menggunakan sedikit kabel,
  -Penambahan client /workstation baru didapat dengan mudah
  -topologi yang sangat sederhana dan mudah di aplikasikan
*Kekurangan
  -Jika salah satu kabel pada topologi jaringan bus putus atau bermasalah ,hal tersebut dapat mengganggu komputer workstation/client yang lain
  -
Proses sending (mengirim) dan receiving (menerima) data kurang       efisien, biasanya sering terjadi tabrakan data pada topologi ini. Topologi yang sangat jadul dan sulit dikembangkan.
2.)Topologi Star



  Topologi star atau bintang merupakan salah satu bentuk topologi jaringan yang biasanya menggunakan Switch/ hub untuk menghubungkan client satu dengan client yang lain.

*Kelebihan
 -Apabila salah satu komputer mengalami masalah, jaringan pada topologi ini tetap berjalan dan tidak mempengaruhi komputer yang lain. -Bersifat fleksibel -Tingkat keamanan bisa dibilang cukup baik daripada topologi bus. -Kemudahan deteksi masalah cukup mudah jika terjadi kerusakan pada jaringan.

*Kekurangan
 -Jika switch/ hub yang notabenya sebagai titik pusat mengalami masalah, maka seluruh komputer yang terhubung pada topologi ini juga mengalami masalah. -Cukup membutuhkan banyak kabel, jadi biaya yang dikeluarkan bisa dibilang cukup mahal. -Jaringan sangat tergantung pada terminal pusat.



3.)Topologi Ring






 Topologi ring atau cincin merupakan salah satu topologi jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dalam suatu rangkaian melingkar, mirip dengan cincin. Biasanya topologi ini hanya menggunakan LAN card untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.
*Kelebihan
 -Memiliki performa yang lebih baik daripada topologi bus. -Mudah diimplementasikan
 .
-Konfigurasi ulang dan instalasi perangkat baru bisa dibilang cukup mudah. -Biaya instalasi cukup murah

*Kekurangan
 -Kinerja komunikasi dalam topologi ini dinilai dari jumlah/ banyaknya titik atau node. -Troubleshooting bisa dibilang cukup rumit. -Jika salah satu koneksi putus, maka koneksi yang lain juga ikut putus. -Pada topologi ini biasnaya terjadi collision (tabrakan data).

4).Topologi Mesh 
 Topologi mesh merupakan bentuk topologi yang sangat cocok dalam hal pemilihan rute yang banyak. Hal tersebut berfungsi sebagai jalur backup pada saat jalur lain mengalami masalah.
*Kelebihan
 -Jalur pengiriman data yang digunakan sangat banyak, jadi tidak perlu khawatir akan adanya tabrakan data (collision). -Besar bandwidth yang cukup lebar.-Keamanan pada topologi ini bisa dibilang sangat baik.
*Kekurangan

  
-Proses instalasi jaringan pada topologi ini sangatlah rumit.  -Membutuhkan banyak kabel.  -Memakan biaya instalasi yang sangat mahal, dikarenakan membutuhkan banyak kabel.



5.)Topologi Tree


  Topologi tree atau pohon merupakan topologi gabungan antara topologi star dan juga topologi bus. Topologi jaringan ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda-beda.
*Kelebihan
 -Susunan data terpusat secara hirarki, hal tersebut membuat manajemen data lebih baik dan mudah. -Mudah dikembangkan menjadi jaringan yang lebih luas lagi.
*Kekurangan
 -Apabila komputer yang menduduki tingkatan tertinggi mengalami masalah, maka komputer yang terdapat dibawahnya juga ikut bermasalah -Kinerja jaringan pada topologi ini terbilang lambat. -Menggunakan banyak kabel dan kabel terbawah (backbone) merupakan pusat dari teknologi ini.

5.)Jenis jaringa
n Komputer berdasarkan Pengoprasian A.)Client-ServerClient Server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.



*Kelebihan - Lebih aman
 - Semua data dapat dibackup pada satu lokasi sentral
 - Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation
*Kekurangan
 - Membutuhkan administrator yang handal
 - Pelaksanannya mahal
 - Jika server mati maka komputer clent akan mati juga

B.)Peer To Peer
Peer To Peer adalah  jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.
*Kelebihan - Pelaksanaan tidak terlalu mahal
 - Tidak membutuhkan administrator yang handal*Kekurangan - Tidak cocok untuk network skala besar
 - Keamanan kurang.



.SEKIAN DAN TERIMA KASIH .

Post a Comment

0 Comments